Inilah Karya Anak Bangsa Ciptakan Alat Yang Bantu Lestarikan Hiu

Inilah Karya Anak Bangsa Ciptakan Alat Yang Bantu Lestarikan Hiu

Muda dan berprestasi emang paling bahaya!

Inilah Karya Anak Bangsa Ciptakan Alat Yang Bantu Lestarikan Hiu – Alat yang dibuat oleh Galih Dandung Akbar Gumala, Muhamad Ali Dofir, dan Romi Dwi Nanda ini berfungsi untuk menghalau hiu dengan cara memancarkan gelombang listrik.

Berkat keresahan mereka akan populasi ikan hiu, pada Desember 2015, mereka sepakat untuk memulai riset ilmiah tentang hiu. Riset ini dimulai dengan mempelajari sifat-sifat dasar hiu. Hasilnya, mereka menemukan bahwa hiu peka pada rangsangan listrik dengan gelombang tertentu. BERKAH POKER

Laman NPR juga menyatakan hal yang sama. Menurut mereka, hiu menerjemahkan gelombang listrik sebagai ancaman. Berbekal temuan tersebut, Galih, Dofir, dan Romi memulai proses penciptaan alat Electro Shield System (ESS).

Inilah Karya Anak Bangsa Ciptakan Alat Yang Bantu Lestarikan Hiu

Saat mereka mengerjakan project ini, tepatnya pada Januari 2016, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan World Wide Fund for Nature (WWF) menyelenggarakan kompetisi inovasi alat tangkap.

Karena dana yang terbatas, mereka menggunakan ikan lele dan ikan nila sebagai sampel. Meskipun ada keterbatasan dana dalam riset mereka, Galih dan kawan-kawan berhasil menyabet juara karena temuannya dianggap berkontribusi besar dalam sektor perikanan tangkap di Indonesia.

Untuk menghantarkan gelombang listri, kaki-kaki ESS harus menyentuh permukaan air laut. Riset terbaru pun membuat ESS kedap air dengan melapisinya menggunakan kotak fiber. Selain itu, kaki-kaki ESS diberi pelampung berupa pipa peralon yang saling terhubung satu sama lainnya.

Inilah Karya Anak Bangsa Ciptakan Alat Yang Bantu Lestarikan Hiu

Simpulan sementara dari riset terakhir Galih dan kawan-kawan mengatakan bahwa frekuensi listrik yang paling efektif menghalau hiu adalah 100 hz. Sebelum sampai pada simpulan ini, mereka sudah mencoba frekuensi 75-150 hz di perairan Banyuwangi, Flores, dan Bangka Belitung.

Bangga sekali ya melihat generasi muda Indonesia yang peduli pada lingkungannya dan melakukan aksi nyata semacam ini. Kita gak boleh kalah juga nih dari Galih dan kawan-kawan!,Setidaknya kita bisa melakukan aksi nyata lainnya seperti mengurangi penggunaan plastik agar sampahnya tidak semakin mengotori laut dan merusak ekosistemnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs Agen Poker Terpercaya (BERKAH POKER) © 2018 Frontier Theme