JK Respons Tentang Prabowo Yang Akan Banyar Semua Utang Negara

JK Respons Tentang Prabowo Yang Akan Banyar Semua Utang Negara

Yakin Prabowo Bisa Bayar Semua Utang Negara Dalam Masa Priodenya? Mustahil

JK Respons Tentang Prabowo Yang Akan Banyar Semua Utang Negara

JK Respons Tentang Prabowo Yang Akan Banyar Semua Utang Negara – JK mengatakan sampai saat ini tidak ada masalah dengan utang yang diambil pemerintah dari lembaga keuangan lain. BERKAH POKER

“Bukan jumlah (utangnya) yang penting. Yang penting ialah dapat dibayar atau tidak. Dan pengalaman kita sejak pemerintahan sebelumnya, Pak Harto, Ibu Mega, Pak Gus Dur, itu semua bisa dibayar utang-utang yang ada itu,” kata JK

Menurut JK, langkah pemerintah mengambil utang ke lembaga keuangan, tak lain terkait pembiayaan pembangunan di dalam negeri. Tak cuma Indonesia saja, ia menyebut negara lain seperti Jepang dan Amerika Serikat juga berutang.

“Sering saya katakan bahwa suatu negara untuk berkembang lebih cepat, harus membangun masa depannya yang tentu belum ada penerimaannya, jadi artinya berutang. Di negara-negara apa saja, Jepang bersaing utang ke lembaga pensiun atau lembaga apa di negaranya. Amerika berutang dengan cara mencetak uang,” jelas JK.

Total utang pemerintah pusat selama 2018 mencapai Rp 4.418,3 triliun. Angka itu meningkat 10,59 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama atau sepanjang 2017 yang sebesar Rp 3.995,2 triliun.

Total utang tersebut terdiri dari pinjaman sebesar Rp 805,62 triliun dan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 3.612,69 triliun. Secara rinci, pinjaman tersebut terdiri dari pinjaman luar negeri sebesar Rp 799,04 triliun dan pinjaman dalam negeri Rp 6,57 triliun.

JK memastikan, meski berutang, namun pemerintah masih sanggup melunasi utang tersebut. Ia menyebut pemerintah selalu sanggup untuk membayar utang yang sebelumnya diambil.

JK Respons Tentang Prabowo Yang Akan Banyar Semua Utang Negara

“(Yang) paling penting bisa dibayar enggak ini? (Kita) bisa bayar, dari pajak. Pajak kan naik terus. Iya (masih bisa teratasi) buktinya kan tidak ada utang kita yang jatuh tempo, yang tidak kita bayar,” jelasnya.

Prabowo Subianto sebelumnya menyindir kinerja Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sebagai menkeu terbaik dunia versi The Banker, Sri Mulyani harusnya malu karena prestasinya sebatas menambah utang untuk menambal defisit anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs Agen Poker Terpercaya (BERKAH POKER) © 2018 Frontier Theme